Ratusan Anak Meriahkan Jambore Three Ends Forum Anak Sleman

Sabtu pagi (30/6) Lapangan Pemda Sleman dipenuhi anak-anak dalam rangka kegiatan Jambore Three Ends Forum Anak. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) ini digelar untuk menyambut Hari Anak nasional yang jatuh pada setiap tanggal 23 Juli.

Peserta jambore berasal dari Forum Anak se-Kabupaten Sleman yang terdiri dari Forum Anak tingkat kabupaten, kecamatan dan desa. Selain dari anak-anak Sleman, jambore juga diikuti peserta yang berasal dari luar daerah seperti Bantul, Yogyakarta, Jakarta, bahkan dari Maluku. Hadir sebagai tamu undangan yaitu Wakil Bupati Sleman, Komisi D DPRD Sleman, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Bagian Humas, Kepala Dinas P3AP2KB beserta jajaran.

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dibuka dengan laporan penyelenggaraan oleh Kepala Dinas P3AP2KB Ibu Mafilindati Nuraini, M.Kes dilanjutkan dengan Sambutan Bupati Sleman yang disampaikan oleh Wakil Bupati Sleman Ibu Dra. Hj. Sri Muslimatun, M.Kes. Sebagai tambahan semangat bagi anak-anak Bapak Arif Kurniawan yang berasal dari Komisi D DPRD Sleman menyampaikan motivasi agar anak-anak selalu berkegiatan positif dan menjalankan ketugasannya sebagai Pelopor dan Pelapor.

Setelah rangkaian acara pembukaan dimulai, waktu sepenuhnya diserahkan kepada anak-anak untuk berkegiatan dengan dipandu MC Pradana Ricardo dan Arnelia Annindya. Seluruh peserta dipandu untuk memasuki area lapangan menempati posisi yang telah ditentukan untuk membentuk koreografi tulisan “3 Ends, PATBM SUMRINGAH” melalui koreografi ini anak-anak menyampaikan pesan untuk mengakhiri kekerasan pada perempuan dan anak, mengakhiri perdagangan manusia, dan mengakhiri ketidakadilan akses ekonomi untuk perempuan. Selain itu juga mengajak seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali untuk bersama-sama melindungi anak.

Koreografi yang disusun dari kertas warna diikuti oleh seluruh peserta. Masing-masing anak tanpa terkecuali bertugas membawa kertas untuk diangkat di atas kepala yang selanjutnya diambil gambarnya melalui kamera drone. Proses pembuatan koreografi ini juga disiarkan langsung melalui channel youtube Forum Anak Sleman.

Acara diakhiri dengan permainan “color fun” dimana anak-anak bergembira bersama dengan menghamburkan bubuk warna-warni ke udara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *