Sleman Road Show Pembentukan Forum Anak Desa

Sleman (KLA.or.id) – Tersedianya Wadah Partisipasi Anak di tingkat Desa menjadi salah satu indikator penting dalam mewujudkan Desa Ramah Anak di Kabupaten Sleman.

Dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak, sekaligus sebagai implementasi Peraturan Menteri Negara  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 03 Tahun 2011 tentang Kebijakan Partisipasi Anak Dalam Pembangunan, secara mantap dan nyata maka tahun 2018  ini Pemerintah Kabupaten Sleman telah mengalokasikan anggaran untuk memfasilitasi Pembentukan Forum Anak Desa di 17 Desa yang ada di wilayah Kabupaten Sleman.

Kegiatan Pembentukan Forum Anak Desa dilaksanakan secara road show sejak tanggal   15 Januari  2018  berawal di Desa Caturharjo dan Desa Trimulyo Sleman, dan berakhir pada tanggal tanggal 24 Januari 2018 di Desa Sumberagung Moyudan dan Desa Sendangrejo Minggir. Pembentukan Forum Anak Desa diikuti oleh 25 anak yang berasal dari perwakilan tiap dusun yang ada di wilayah desa yang bersangkutan.

Pembentukan Forum Anak di 17 Desa dipandu oleh Arif Winarko dari Yayasan SAMIN dan Rizal Rusadi dari Fasilitator Forum Anak Nasional. Proses Pembentukan Forum Anak Desa diawali dengan paparan dari Dinas P3AP2KB tentang Pengembangan Forum Anak di Kabupaten Sleman, selanjutnya fasilitator berbagi informasi tentang manfaat dan pentingnya Forum Anak, dan cara membangun organisasi yang baik.

Sesi berikutnya adalah Pemilihan Pengurus Forum Anak Desa. Pada sesi ini anak-anak belajar menjalankan proses demokrasi. Kepengurusan Forum Anak Desa akan ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Desa setempat.

Sampai saat ini telah terbentuk 36 (tiga puluh enam)  Forum Anak Desa di wilayah Kabupaten Sleman. Masing-masing adalah Forum Anak Desa: Caturharjo, Trimulyo, Minomartani, Sariharjo, Glagaharjo, Argomulyo, Wukirsari, Bimomartani, Candibinangun, Balecatur, Sidoarum, Margodadi, Sumberharjo, Pondokrejo, Sumberagung, Sendangrejo, Umbulharjo, Kepuharjo, Wonokerto, Bangunkerto, Sendangtirto, Tridadi, Triharjo, Pandowoharjo, Mororejo, Trihanggo, Condongcatur, Donoharjo, Tirtoadi, Sardonoharjo, Sinduharjo, Sukoharjo, Purwomartani, Tirtomartani, Tamanmartani, dan Selomartani.

Semoga dengan memadainya jumlah wadah partisipasi anak di Kabupaten Sleman ini, juga berfungsi menjadi media bagi anak-anak kita melakukan kegiatan-kegiatan positif untuk tumbuh kembang yang optimal. Sehingga diharapkan permasalahan-permasalahan anak di Kabupaten Sleman menjadi berkurang. (seksipha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *